Tombang Marbun SE Apresiasi Pembangunan Pengendali Dasar Sungai Sigeaon di Tarutung

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Taput Tombang Marbun SE mengapresiasi Kementerian PUPR RI yang mengabulkan permohonan Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan. Yakni untuk membangun Pengendali Dasar Sungai Sigeaon Tarutung.

topmetro.news – Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Taput Tombang Marbun SE mengapresiasi Kementerian PUPR RI yang mengabulkan permohonan Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan. Yakni untuk membangun Pengendali Dasar Sungai Sigeaon Tarutung.

Hal itu disampaikan kepada topmetro.news, Kamis (21/9/2023).

Tombang Marbun mengatakan, sebagai wakil rakyat, ia selalu menyuarakan keprihatinan atas rusaknya Sungai Sigeaon yang telah kehilangan sendimen di dasar sungai. Kerusakan itu telah menimbulkan longsor di beberapa titik dan meruntuhkan tanggul di bagian hulu dekat Jembatan Naheong.

Harapan

Seiring dengan pembangunan itu, Tombang Marbun mengharapkan eksploitasi pasir di hilir sungai agar dikendalikan, baik oleh Pemkab Taput maupun pihak BWSD II Sumut.

“Harus kita akui, penambangan pasir di hilir sungai sangat mempengaruhi hilangnya sendimen pasir Sungai Sigeaon. Kalau pun kita membutuhkan pasir untuk pembangunan, sebaiknya ke depan harus ada pengendalian. Kalau tidak ada pengendalian, kerusakan akan tetap mengancam Sungai Sigeaon ini,” papar Tombang Marbun.

Peran Penting

Tombang Marbun menyebutkan, dua sungai ‘besar’ yang mengalir di Kota Tarutung (Aek Sigeaon dan Aek Situmandi), saat ini dalam kondisi kritis. Kondisi sungai ini sebelumnya tercermin tidak mendapat perhatian dari pemangku kepentingan. Terutama Balai Wilayah Sungai dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.

“Kedua sungai itu memiliki peran penting untuk pengairan sawah dan lingkungan hidup di Kota Tarutung. Kita berharap dengan pembangunan itu, permukaan air dapat meningkat,” sebut Tombang Marbun SE.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment